Selasa, 21 April 2015

Beberapa Objek Wisata Jawa Tengah

Taman Nasional Karimunjawa di Jepara
Berjarak sekitar 83 km di arah barat laut Jepara, Karimunjawa adalah sebuah cagar alam laut yang dilindungi dan kini disebut sebagai Taman Nasional Karimunjawa. Karimunjawa adalah sebuah destinasi wisata yang populer di Indonesia, adalah pula salah satu tempat wisata di Jepara yang sangat terkenal. Pengalaman wisata laut di Jawa Tengah paling menakjubkan dapat Anda temukan di Karimunjawa.

Sebagai salah satu tempat wisata Jawa Tengah yang terkenal, Karimunjawa selalu ramai dengan kunjungan wisatawan. Karakteristik seluruh pantainya memiliki hamparan pasir putih dengan garis pantai yang panjang. Oleh karenanya, berjemur di tepian pantai adalah salah satu kegiatan yang disukai banyak wisatawan di tempat ini.
Selain itu, olahraga air  seperti menyelam, snorkeling, memancing, berenang, atau menjelajahi laut yang jernih adalah pilihan menarik lainnya di Karimunjawa. Keunikan budaya dan tradisi penduduk lokal di sana adalah objek interaksi sosial yang menarik selama kunjungan wisata Anda.

Kampung Batik Laweyan di Solo
Inilah salah satu sentra batik di kota Solo. Dahulu kala, Kiai Ageng Henis (kakek Panembahan Senopati) adalah orang yang mengajari penduduk setempat bagaimana cara membatik. Konon menurut kisah, usia Kampung Laweyan jauh lebih tua daripada Keraton Kasunanan di mana daerah Laweyan di Solo ini sudah eksis dengan batiknya sejak Kerajaan Pajang berkuasa di Jawa Tengah pada pertengahan abad ke-16.

Di Kampung Batik Laweyan, Anda akan mendapati kesan arsitektural Eropa di kampung Laweyan ini. Banyak rumah-rumah di Laweyan dibangun dengan sentuhan arsitektur Eropa yang megah dan kokoh. Dulu, rumah-rumah itu adalah kediaman para saudagar batik. Tetapi kini, kampung yang berdiri di atas lahan seluas 24 hektar tersebut terbagi ke dalam tiga blok besar.

Anda dapat puas berkeliling dari satu toko ke toko lainnya untuk mencari batik yang paling Anda sukai di tempat ini. Sungguh, Indonesia terkenal akan kerajinan batiknya, seperti yang dapat ditemukan di Jogja, Solo, Cirebon, Papua, dan masih banyak lagi dari berbagai daerah di Nusantara.

Kota Lama Semarang (Little Netherland)
Jika sudah Anda mengenal Kota Tua di Jakarta, maka Kota Lama Semarang adalah salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang dikenal banyak kalangan penikmat perjalanan. Anda dapat menemukan rekaman tata bangun wilayah berarsitektur Eropa yang ada di tempat ini. Objek wisata di Semarang yang satu ini dijuluki pula sebagai “Little Netherland”.

Landmark paling menarik di kawasan Kota Lama adalah Gereja Blenduk, sebuah bangunan berusia lebih dari 2.5 abad. Kata blenduq berasal dari bahasa Jawa, yang berarti kubah, merujuk pada kubah gereja ini. Atapnya yang melengkung dan berwarna merah terasa kontras dengan dindingnya yang bercat putih. Empat pilar kokoh dan menara kembarnya yang khas di bagian depan membentuk ciri khas gereja yang satu ini.
Kota Lama Semarang merupakan destinasi favorit bagi para penikmat sejarah dan pecinta fotografi yang ada di Indonesia. Selain Gereja Blenduk, Kawasan Stasiun Tawang dan Polder Air Tawang adalah landmark lain yang patut Anda kunjungi saat berada di Kota Lama Semarang. Di area Polder, terdapat pabrik rokok Praoe Lajar (Prau Layar) yang masih beroperasi sejak dulu sampai sekarang. Menikmati suasana di Kota Lama Semarang pada malam hari adalah salah satu cara terbaik di tempat ini.

Lawang Sewu Semarang
Bangunan kuno peninggalan Belanda yang dibangun pada 1904 ini adalah sebuah tempat wisata di Jawa Tengah yang populer. Pada awalnya, Lawang Sewu adalah kantor pusat perusahaan kereta api (trem) Belanda.

Karena memiliki pintu yang banyak, jumlah lubang pintunya terhitung sebanyak 429 buah dengan daun pintu lebih dari 1.200, masyarakat Semarang menamakannya Lawang (pintu) dan Sewu (seribu), artinya seribu pintu. Salah satu tempat wisata Semarang yang unik ini kerap juga dijadikan sebagai tempat pre-wedding bagi sebagian pasangan yang hendak menikah.
Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Lawang Sewu sebesar Rp 10 ribu per orang. Jika ingin memasuki ruangan bawah tananhya, maka Anda harus membayar Rp 30 ribu per orang.

Baturaden Banyumas
Terletak di lereng arah selatan Gunung Slamet, salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang terkenal ini memiliki pemandangan alam yang indah dengan hawa udara yang sejuk. Di kawasan wisata ini pula, Anda dapat menyaksikan kota Purwokerto, Pulau Nusa Kambangan, serta sejumlah pantai berpanorama indah di Cilacap. Salah satu yang terkenal dari Baturaden adalah pemandian air panasnya yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Pancuran Pitu.

Tempat wisata di Banyumas ini adalah pula destinasi wisata keluarga yang patut Anda kunjungi. Di sana Anda dapat berekreasi di Wana Wisata Baturaden, sebuah hutan alam hijau yang sangat tepat untuk dijadikan tempat berkemah bersama keluarga atau teman-teman Anda. Lokasi Wana Wisata ini berjarak sekitar 2 km dari Baturaden. Masih ada juga Taman Kaloka Widya Mandala, sebuah kebun binatang di Baturaden serta memiliki museum untuk menyimpan kerangka satwa khas Indonesia.

http://www.initempatwisata.com

Ayoo segera rasakan keseruan wisata - wisata di Jawa Tengah bersama kami ELLATOUR
Informasi Lebih Lanjut Hubungi :
Telp : (021) 424 3420 – 422 8225
Hotline : 0812 1216 8863 – 0812  8347 6455
Email : ella@ellatour.co.id / info@ellatour.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar